Ruang Informasi

Dapatkan Tip dan konsultasikan masalah bangunan Anda kepada kami.

Tips & Artikel

Warna, Elemen Penting dalam Desain Dapur

Kita telah membahas bagian-bagian terpenting dalam dapur seperti lantai, dinding, countertop, cabinet dan backsplash. Kini kami akan mengajak Anda mengamati bagaimana  sebuah elemen sederhana dapat membantu Anda mengubah dapur usang tampak baru kembali.

Kali ini Anda tidak perlu memerlukan perombakan besar-besaran, atau sesuatu yang bersifat berwujud nyata dan dapat dipegang. Tepat sekali jika Anda menebak “warna”. Melakukan hal sekecil apapun dengan warna ternyata membawa dampak yang signifikan. Contohnya saja dinding berwarna putih pucat yang biasanya membuat Anda bosan berlama-lama di dapur bisa menjadi lebih segar dan hidup saat diubah skema warnanya menjadi hijau.

Meskipun demikian, memilih dan menggunakan warna untuk dapur juga perlu trik tersendiri. Sebab warna yang berlebihan untuk dapur juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman beraktivitas. Tenang saja, ikuti petunjuk berikut untuk memilih skema warna yang tepat untuk dapur Anda:

  1. Menggunakan satu nada warna bukan merupakan kewajiban. Anda tetap bisa bermain dengan beberapa pilihan warna agar ruangan tidak terkesan monoton. Namun sebaiknya gunakan komposisi 60-30-10 untuk masing-masing warna tersebut. Pilih satu warna dominan dan dua warna lain sebagai pelengkap saja. Jangan sampai semua warna berlomba-lomba untuk tampil mencolok hingga menimbulkan kesan “ramai” pada dapur Anda.

  2. Monokromatik adalah istilah yang digunakan untuk penggunaan satu skema warna saja. Namun tidak berarti Anda hanya boleh memakai satu ‘warna’ saja. Anda bisa memakai warna-warna lain yang masih senada dengan warna pilihan Anda. Misalnya saja warna cokelat dengan warna krem dan putih pupus.

  3. Skema warna pelengkap menggunakan dua warna yang ditempatkan berlawanan satu sama lain pada lingkaran warna. Skema warna seperti ini akan tampak lebih dramatis dan memberi energi lebih pada dekorasi dapur Anda.

  4. Skema warna analog mencakup tiga warna yang letaknya saling berdekatan dengan satu sama lain pada lingkaran warna, entah itu warna-warna dingin maupun warna-warna hangat atau kombinasi keduanya seperti kuning dengan hijau, biru dan ungu atau merah dan oranye. Penggunaan skema warna seperti ini cocok untuk dapur karena karakter dapur yang informal dan santai.

  5. Skema warna netral mencakup warna-warna seperti cokelat terang, warna kopi, putih, krem, dan rona warna kelabu. Skema warna ini dapat dipasangkan sebagai aksen dengan hampir semua warna lainnya.

  6. Skema warna yang baik untuk dekorasi adalah skema warna alami sebagaimana yang kita temukan di sekitar kita. Misalnya saja warna biru langit atau rona warna hijau, cokelat atau kuning lembut.

  7. Warna-warna dapur yang cukup populer adalah rona warna cokelat, peach, kuning, pink dan biru. Warna kuning terutama dapat membuat orang merasa lebih bahagia dan membuat dapur terkesan lebih lega.

Ada sedikit Tips yang perlu diperhatikan sebelum kita melakukan pengecatan yaitu: Pertama dengan mengecek kondisi acian dari dinding yang akan dicat, pastikan kondisi acian di tembok dalam keadaan flat (tidak bergelombang) dan pastikan juga tembok sudah layak dicat. Untuk acian konvensional dibutuhkan waktu minimal 28 hari untuk menunggu dinding dalam kondisi layak cat, sementara dengan menggunakan Acian dari produk Mortar Utama hanya dibutuhkan waktu 7 hari setelah pengacian dan dinding anda sudah layak dicat tanpa harus membutuhkan plamir. Kedua untuk mendapatkan hasil akhir warna yang maksimal gunakan produk khusus acian berbahan dasar semen berwarna putih dari Semen Instan MU (Mortar Utama) yaitu MU-270 (Acian Putih), selain menghasilkan kwalitas acian yang halus juga penggunaan cat akan lebih hemat selain itu juga warna cat akan terlihat lebih cerah.

Jika Anda sudah memutuskan untuk memilih warna tertentu, maksimalkan penggunaannya melalui warna lantai, dinding, backsplash atau kabinet. Pemasangan kabinet, lantai atau backsplash termasuk yang paling merepotkan di antara ornamen dapur lainnya. Karena itu ia bisa juga dikatakan sebagai investasi yang berharga. Agar investasi Anda bertahan lama dan tidak merugikan, gunakan juga solusi bangunan bermutu untuk membantu pemasangannya. Untuk pemasangan keramik lantai dan backsplash dinding, gunakan varian produk berkualitas lainnya dari Semen Instan MU (Mortar Utama) yaitu semen instan MU-400 (perekat keramik dinding), MU-450 (perekat keramik lantai), atau MU-460 (perekat keramik daerah basah) dan lengkapi dengan MU-408 (pengisi nat keramik). Khusus untuk backsplash, sebelum pemasangan keramik lebih baik dioleskan dulu MU-600 (Pelapis Kedap Air) sebelum pemasangan keramik agar tidak tembus air. Selamat mencoba.    


Sumber artikel:
www.doityourself.com/stry

Sumber foto:
www.ideaonline.co.id/var/
www.home-designing.com/wp-content/

Arsip

[Arsip]