Ruang Informasi

Dapatkan Tip dan konsultasikan masalah bangunan Anda kepada kami.

Tips & Artikel

Macam-macam Mural Keramik

Kita sudah mengetahui kelebihan-kelebihan keramik, ketahanannya, fleksibilitasnya dalam hal fungsi, hingga keindahannya. Berbagai metode menghias lantai keramik pun telah kita bahas di sini. Salah satunya adalah, metode mosaik. Mosaik merupakan satu dari sekian banyak metode mural keramik yang digunakan untuk memperindah lantai atau dinding Anda. Selain mosaik, apa saja bentuk-bentuk mural keramik yang bisa Anda gunakan?

Jenis-jenis mural keramik bisa dibagi menjadi:

  1. Mosaik keramik.
    Mural keramik dalam bentuk mosaik mungkin merupakan yang paling sering ditemukan dalam bangunan hunian maupun komersial. Mural keramik mosaik dibuat dari berkeping-keping tegel keramik berwarna-warni berukuran kecil, atau kepingan pecahan dari keramik yang lebih besar. Kepingan-kepingan ini diatur sedemikian rupa hingga dari kejauhan akan membentuk suatu pola atau gambar tertentu.

  2. Mural keramik dengan cat.
    Mural keramik yang dibuat dengan mengecat tegel keramik adalah pilihan lain yang bisa Anda gunakan. Mural keramik dengan cat biasanya dibuat menggunakan tegel keramik dengan ukuran yang lebih besar. Kemudian, setelah cat selesai diaplikasikan pada tegel, baru tegel keramik ini dibakar dan diglazur. Dengan begitu, gambar akan melekat pada tegel keramik dan tidak mudah pudar. Hasil akhirnya? Anda akan memiliki tegel keramik yang tidak ada duanya dan sesuai dengan selera pribadi.

  3. Mural keramik fotografi.
    Dapat ditebak bahwa mural keramik jenis ini berkaitan dengan fotografi. Jika Anda termasuk orang yang lebih menggemari visual yang lebih realistik dibandingkan lukisan biasa, maka mungkin jenis mural keramik ini akan lebih sesuai untuk Anda. Lupakan pigura biasa, sebab kini Anda bisa menghias rumah dengan foto favorit Anda, dalam ukuran yang jauh lebih besar. Dengan teknologi komputer yang mutakhir, foto kesukaan bisa dirancang untuk memenuhi lantai atau dinding keramik rumah Anda. Teknologi yang sama juga bisa digunakan untuk porselen dan materi kaca gelas.

Kekurangan yang jelas dimiliki oleh dua jenis mural keramik terakhir adalah dari harga yang tentu relatif lebih mahal dibandingkan dengan tegel keramik biasa. Ini disebabkan oleh tingkat kesulitan dan waktu produksi yang lebih lama.

Karena harga keramik mural ini tidak murah, sayang sekali apabila terjadi ’popping’ atau keramik terangkat. Untuk menghindari terjadinya keramik ’popping’ gunakan produk perekat keramik dari Semen Instan MU (Mortar Utama). Untuk memasang keramik baik dinding atau lantai, Anda dapat menggunakan MU-400 (Perekat Keramik Dinding & Lantai) dan MU-408 (Pengisi Nat Keramik) sebagai finishing. Selamat mencoba.

 
Sumber artikel:
www.servicemagic.com/article.show.Tile-with-Style-Tile-Murals.14805.html#ixzz0qoq3ZOO8
www.handmadetileassociation.org/Articles.htm

Sumber foto:
www.mybacksplash.com/images

Arsip

[Arsip]