Ruang Informasi

Dapatkan Tip dan konsultasikan masalah bangunan Anda kepada kami.

Tips & Artikel

Merawat dan Membersihkan Nat Keramik

Anda tentu akan merasa bangga jika memiliki hunian yang indah dan nyaman. Tidak hanya memberikan perasaan tentram saat beristirahat dari segala kepenatan aktivitas Anda, namun dapat juga membuat kerabat dan keluarga betah berlama-lama mengunjungi rumah Anda. Salah satu pahlawan yang berjasa besar dalam hal ini adalah lantai dan dinding keramik yang melapisi ruangan-ruangan favorit.

Merawat dinding dan lantai keramik tidaklah sulit. Namun tidak hanya bagian permukaan keramik saja yang perlu Anda perhatikan, jangan lupakan detil kecil yang juga ikut andil dalam keindahan lantai dan dinding keramik Anda. Ya! Merawat nat keramik sama pentingnya dengan merawat permukaan keramik. Dengan nat yang terawat, kerusakan terhadap sisi keramikpun dapat dihindarkan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda catat dalam merawat dan membersihkan nat keramik.

Nat keramik dapat menjadi kotor karena beberapa hal, mulai dari noda kecil, hingga jamur yang melekat, terutama keramik untuk lantai atau dinding yang terletak di area dapur atau kamar mandi yang sering terekspos makanan, sabun dan tentunya air. Semuanya harus ditangani dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut.  

Untuk beberapa jenis noda ringan, perlengkapan sederhana dari dapur Anda dapat memberi kontribusi yang sangat besar.

  • Gunakan cuka dengan campuran air yang berbanding sama untuk membersihkan noda. Semprotkan campuran cuka dan air atau totolkan dengan kain dan sikatlah area grout (nat keramik) yang bernoda dengan sikat keras. Menggosok dengan pola sirkular akan lebih ampuh dibandingkan dengan pola lurus atas-bawah. Setelahnya, bilas area yang sudah dibersihkan tadi dengan air, lalu lap dengan spon atau tissue basah.
  • Anda juga bisa memakai baking soda untuk membersihkan noda pada grout. Lap area yang bernoda dengan kain basah dan taburkan baking soda di sepanjang area tersebut. Diamkan selama beberapa menit, lalu gunakan sikat gigi yang sudah tak terpakai untuk menggosoknya.

 
Jika cara-cara di atas sudah dicoba dan noda pada nat masih membandel, maka Anda harus menggunakan pembersih yang lebih keras. Beberapa pembersih khusus mengandung bahan kimia yang keras dan harus digunakan secara hati-hati. Produk-produk pembersih seperti bubuk oxygen bleach, hydrogen peroxide, atau chlorine bleach seringkali digunakan untuk membersihkan noda jamur yang cukup parah. Ada beberapa hal yang harus diingat saat Anda menggunakan pembersih jenis ini:

  • Ingat untuk selalu membaca dan mengikuti petunjuk pada kemasan produk.
  • Sebelum mengaplikasikan pada seluruh permukaan nat, coba terlebih dahulu pada permukaan lantai yang jarang terekspos agar tidak terlalu kentara jika terjadi kerusakan.
  • Pastikan ruangan Anda memiliki sirkulasi udara yang cukup lancar saat proses pembersihan dilakukan.
  • Gunakan juga sarung tangan dan pelindung mata yang memadai saat mengerjakannya.
  • Anda tidak disarankan menggunakan bleach pada lantai dengan nat berwarna karena dapat menghilangkan warnanya.
  • Hati-hati dalam memilih sikat untuk membersihkan noda jamur membandel, penggunaan sikat gigi bekas tidak disarankan karena teksturnya yang terlalu lembut. Namun, hindari juga pemakaian sikat kawat karena akan merusak seluruh lapisan nat.
  • Jangan pernah mencampur beberapa jenis pembersih sekaligus! Anda tidak pernah dapat memastikan reaksi kimia apa yang akan terjadi jika hal ini dilakukan dan ini bisa sangat berbahaya.


Teknologi lain yang juga dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan nat keramik adalah mesin steam. Metode ini cukup banyak digunakan saat ini karena kemudahannya. Dengan mesin steam Anda dapat dengan mudah mengangkat debu, minyak dan kotoran dari celah nat keramik, bahkan yang tidak bisa dihilangkan dengan pembersih sekalipun.

Untuk merawat nat keramik (grout) secara berkala, cukup gunakan pembersih lantai ringan dan sikat yang lembut. Jika Anda menjaga kebersihan nat keramik secara rutin maka kerusakan parah dapat dihindari, lantai akan tampil memikat dan juga wangi. Saat nat keramik sudah dibersihkan, lapisi dengan grout sealer yang tersedia untuk kebutuhan berbagai jenis ruangan. Perbarui lapisan sealer tersebut setidaknya sekali dalam setahun.


Sumber artikel:
http://www.extremehowto.com/xh
http://www.doityourself.com/stry
(dan berbagai sumber lain)

Sumber foto:
http://media.photobucket.com/image

Arsip

[Arsip]