Ruang Informasi

Dapatkan Tip dan konsultasikan masalah bangunan Anda kepada kami.

Tips & Artikel

Memasang Keramik pada Pijakan Tangga

Seperti sudah pernah dibahas sebelumnya bahwa penggunaan keramik sebagai pelapis pada tangga adalah hal yang cukup banyak ditemui di rumah-rumah di Indonesia (lihat artikel sebelumnya: Bijak Merancang Pijak).

Selain mudah dipasang, tegel keramik dapat membantu memberi elemen dekoratif secara instan pada pijakan tangga dan mengintegrasikan keseluruhan gaya desain interior maupun eksterior hunian Anda. Nah, khusus untuk tangga, Anda mungkin dapat menggunakan tegel keramik bullnose (bullnose tiles) yaitu keramik dengan tepian melengkung yang umumnya dipakai di kamar mandi atau dapur.

Dengan keramik bullnose, Anda tidak perlu repot-repot memasang tambahan siku melengkung untuk ujung pijakan keramik yang tajam. Selain itu, sebaiknya gunakan juga keramik yang tidak berglazur agar pijakan tangga tidak licin dan untuk mengurangi resiko orang terpeleset dan jatuh.

Untuk memasang keramik bullnose sebagai pelapis pijakan tangga ada beberapa hal yang Anda perlukan:

  • Sapu
  • Pelapis kedap air (MU-600)
  • Fiberglass tape
  • Papan ubin
  • Gergaji listrik
  • Paku
  • Palu
  • Perekat keramik (MU-450)
  • Pengatur jarak tegel
  • Isian keramik (MU-408)
  • Rubber float
  • Spons

 

  1. Bersihkan pijakan tangga dengan seksama hingga tidak tersisa kotoran atau debu apapun sebelum Anda mulai memasang keramik.

  2. Pasang pelapis kedap air MU-600 secara merata di sepanjang tangga dan rekatkan dengan fiberglass tape seperlunya. Ini akan melindungi area pijakan tangga dari kerusakan yang disebabkan oleh air yang merembes melalui grout.

  3. Tutupi tiap pijakan dan bagian treads (bagian vertikal dari anak tangga) dengan papan ubin. Ini akan memberi permukaan stabil untuk pemasangan keramik nantinya. Gunakan gergaji listrik untuk memotong masing-masing bagian papan ubin sampai sesuai dengan ukuran lalu paku papan di atas lapisan kedap air. Kemudian tutup sisi-sisi papan ubin dengan fiberglass tape.

  4. Mulailah proses pemasangan di bagian atas tangga. Pasang lapisan perekat keramik MU-450 di bagian pijakan anak tangga dengan menggunakan trowel bergerigi kerena metode ini terbukti sangat efektif untuk menjaga kestabilan daya rekat keramik agar keramik tidak mudah pop up (keramik terangkat), pasang dan tekan keramik pertama di bagian tengah pijakan tangga. Gunakan pengatur jarak untuk mengatur jarak yang sesuai antara masing-masing ubin. Sesudah itu, letakkan keramik berikutnya di sisi keramik pertama tadi hingga seluruh bagian pijakan tangga sudah terpasang keramik. Keramik bullnose akan meliputi bagian ujung-ujung tangga. Setelah itu pasang keramik untuk bagian vertikal dari anak tangga dengan cara yang sama.

  5. Lanjutkan pemasangan ubin satu per satu, hingga ke bagian bawah tangga, dengan teknik yang sama. Jangan injak tegel keramik selama proses pemasangan. Kemudian biarkan pasangan keramik mengering selama kira-kira 24 jam.

  6. Siapkan adukan grout MU-408 sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan. Mulailah dari bagian atas tangga dan lakukan pemasangan grout dengan bantuan pengapung karet (rubber float) untuk mengisi semua celah di antara ubin. Sementara Anda memasang grout, siapkan spons basah untuk membantu menyeka kelebihan grout dari permukaan keramik. Anda akan perlu membilas spons beberapa kali selama proses pemasangan keramik berlangsung. Setelah itu, biarkan grout mengering sesuai petunjuk yang disarankan pada kemasan sebelum Anda mencoba berjalan di tangga.



Sumber artikel:
www.ehow.com

Sumber foto:
www.avantitilecraft.com

Arsip

[Arsip]